Selasa, 04 Januari 2011

Mengenal Hacker dan Cracker

Dalam dunia internet, kita sering mendengar istilah "Hacker dan Cracker". Sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang sangat tipis sekali, hampir tidak terlibat oleh "mata manusia biasa". Namun jika ditelusuri lebih jauh, hacker dan cracker mempunyai pembatas benang merah yang sangat jelas, yaitu niat. Niat yang baik akan melahirkan tujuan yang baik, begitu juga sebaliknya.


HACKER adalah pengguna komputer yang mampu masuk ke dalam sistem komputer melalui jaringan, baik untuk keperluan monitoring (melihat sistem), copying (pengambilan/pencurian data), atau crashing (merusak sistem komputer) targetnya. Kemampuan standar yang dimiliki hacker adalah core programming dan network specialis. 


Hacker memiliki cara-cara yang unik dalam setiap teknik penerapan ilmu pengetahuan security nya. Bahkan dia akan mencoba untuk meng-exploitasi sistem semaksimal mungkin demi untuk mendapatkan celah keamanan yang dapat diperbaikinya. Jika ditemukan maka dia akan mempelajarinya sebaik mungkin, kemudian akan dilakukan uji coba, jika berhasil maka dia akan menyebarkan/mengajarkan ilmu pengetahuan tersebut. Nah, ditahap akhir inilah kadang dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mendapatkan pupularitasnya. Tidak segan-segan mereka akan mendapatkan gelar 'pakar hacker' atau 'hacker elit' dari sebagian komunitas yang menjadi pengagumnya. Caranya adalah mereka akan mempopulerkan jati diri asli mereka dengan menggunakan nama asli mereka atau inisial yang merujuk langsung pada diri pribadinya secara nyata. Jika sudah begini, maka makna hacker sebenarnya sudah hilang. Kenapa demikian? Dikarenakan mereka bukan lagi termasuk komunitas underground (bawah tanah), tapi sudah menjadi komunitas foreground (permukaan tanah). Dikarenakan mereka berasal dari underground yang membaur dengan komunitas foreground, maka jadilah mereka sebagai pahlawan bagi komunitas foreground. Dan yang lebih parah lagi, kebuntuan ilmu pengetahuan tentang dunia underground bagi segelintir media massa menyebabkan perbedaan antara hacker dan cracker menjadi area abu-abu.


Bagaimana dengan cracker? CRACKER adalah seseorang yang masuk ke sistem komputer orang lain, sering di dalam sebuah jaringan, melewati password atau lisensi program komputer, atau dengan cara lain sengaja pelanggaran keamanan komputer.Seorang cracker dapat melakukan hal ini untuk keuntungan, jahat, untuk beberapa tujuan atau menyebabkan altruistik, atau karena tantangan yang ada. Beberapa melanggar-dan-masuk telah dilakukan seolah-olah menunjukkan kelemahan dalam sistem keamanan situs.


Perbedaan terminologi antar hacker dan cracker tersebut kini menjadi bias dan cenderung hilang sama sekali dalam perspektif media massa dan di masyarakat umum. Ada beberapa faktor penyebab hal tersebut:
- Para cracker tidak jarang menyebut diri mereka sebagai hacker
- Manifesto dan kode etik para hacker kerap pula dianggap sebagai manifesto dan kode etik    bagi para cracker.
- Media massa menggunakan terminologi hacker secara salah kaprah dan hantam kromo
- Industri film mengangkat kehidupan hacker dari kacamata Hollywood
- Masyarakat melabelisasi kegiatannya menggunakan kata hacker agar lebih memiliki daya jual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar