Selasa, 04 Januari 2011

Si Jagoan IT Tanpa Ijazah

Siapa bilang kesuksesan seseorang di masa depan ditentukan oleh ijazah kelulusan??? Bagi si jagoan yang satu ini, ijazah bukanlah penentu masa depan. Sebut saja Mark Zuckerberg, pendiri jejaring sosial Facebook. Dia meninggalkan kampusnya di Harvard University.


Mark Zuckerberg lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County, kota New York. Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi - psikiater. Sejak kecil Zuckerberg suka mengu tak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya. Ayahnya sendiri membelikannya komputer sejak ia berusia delapan tahun. 


Saat memasuki perguruan tinggi di Harvard, dia menemukan ide untuk membuat buku direktori mahasiswa online karena di universitasnya tidak membagikan face-book (sebuah buku yang memuat foto dan identitas mahasiswa pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan diantara mereka. Namun, dari pihak universitas menolak idenya dikarenakan alasan yang tidak jelas. Meski ditolak, Mark tidak menyerah. Ia selalu mencari cara untuk mewujudkannya.




Proyek pertamanya adalah CourseMatch (www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Suatu malam di tahun kedua ia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyabot data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Tak lupa ia membubuhkan kalimat yang meminta pengunjungnya menentukan mana dari foto-foto ini yang paling "hot". Pancingannya mengena. Dalam tempo empat jam sejak ia meluncurkan webiste itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Pihak Harvard mengetahuinya dan sambungan internet pun diputus. Zuckerberg diperkarakan karena dianggap mencuri data. Anak muda berambut keriting ini pun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash. Tetapi ia tak menyesali tinda kannya. "Saya kira informasi seperti itu harus tersedia (online)," ujamya.


Dia tidak menyerah. Kemudian Mark membuat website baru yang bernama Facebook. Website ini ia luncurkan pada Februari 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Dalam penjelasan di website-nya sekarang disebutkan bahwa Facebook adalah suatu alat sosial untuk membantu orang berko munikasi lebih efisien dengan rekan, keluarga, atau rekan kerjanya. Facebook menawarkan navigasi yang mudah bagi para penggunanya. Setiap pemilik account punya ruang untuk memajang fotonya, teman-temannya, network, dan melakukan hal lainnya seperti bisa berkirim pesan dan lain sebagainya.


Penyertaan banyak aplikasi pada Facebook membuatnya berbeda dari jejaring pertemanan terdahulu.Hal ini membuat para mahasiswa berbondong-bondong mengunjungi websitenya dan mendaftar menjadi anggotanya. Baru dua minggu setelah diluncurkan, separuh mahasiswa Harvard sudah memiliki account Facebook. Ternyata mahasiswa dari luar Harvard juga minta dimasukkan dalam jejaring Facebook. Mark akhirnya meminta teman-temannya membantu dalam mengembangkan Facebook. Dalam tempo empat bulan Facebook sudah bisa menjaring 30 kampus. Hingga akhir 2004 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta.

Pengguna Facebook terus meningkat. Malah ada sejumlah orang yang tak lagi jadi mahasiswa atau yang masih di sekolah ingin bergabung. Tingginya desakan ini membuat Zuckerberg dan kawan-kawan memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah (di sini SMU) pada Sep tember 2005. Tak lama kemudian mereka juga membuka jejaring para pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard. "Apa yang saya inginkan sudah ada di tangan. Saya tidak ingin punya ijazah kemudian bekerja. Menurut saya, pekerjaan hanyalah untuk orang-orang yang lemah," ujarnya pada Majalah Current.
Zuckerberg dan kawan-kawan kemudian mengembangkan Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk jejaring umum dengan syarat memiliki email. Sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar